Skip to main content

Cyber Pedagogy


PRADITAx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah

Di era revolusi industri 4.0, guru tak lagi satu-satunya sumber ilmu di kelas. Untuk itu, pentingnya guru menguasai “cyber pedagogy” sebagai metode pembelajaran di kelas.  Pemanfaatan teknologi digital sebagai sumber belajar bagi dunia pendidikan tidak asing lagi. Guru harus dapat mengembangkan kompetensi TIK dalam merancang sumber belajar bagi anak didik sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Buku ini membahas tentang Cyber Pedagogy di mana seorang guru harus menggali potensi dirinya agar dapat memahami karakteristik setiap anak didik dalam pendidikan abad ke-21. Seorang guru harus memahami konsep-konsep pedagogi yang berhubungan dengan teknologi pedagogi.

Cyber Pedagogy merupakan fondasi dasar dalam merancang proses pembelajaran dalam hal menyediakan sumber belajar bagi anak didik kompetensi pembelajaran abad ke-21. Dalam buku ini membahas mulai dari konsep teknologi pedagogi, pembelajaran abad ke-21, tahapan penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga penerapan Cyber Pedagogy dapat sesuai dengan prinsip ilmu pendidikan dan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

Pada Mata Kuliah Social Media Strategy terdiri dari 19 Sesi dimana setiap Sesi, mahasiswa dapat dipelajari semua sesi dengan metode Self Paced.

Bobot : 3 SKS
Jenjang : S1

 

Capaian Pembelajaran

  • Peserta didik dapat mengembangkan kompetensi TIK dalam merancang sumber belajar bagi anak didik sesuai dengan perkembangan teknologi digital. 
  • Peserta didik dapat memahami konsep-konsep pedagogi yang berhubungan dengan teknologi pedagogi.
  • Peserta didik dapat memahami mulai dari konsep teknologi pedagogi, pembelajaran abad ke-21, tahapan penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga penerapan Cyber Pedagogy dapat sesuai dengan prinsip ilmu pendidikan dan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

 

Silabus

  • Sesi 1: Pengenalan Cyber Pedagogy
  • Sesi 2: Memposisikan TIK dalam Kurikulum dan Standar
  • Sesi 3: Mencermati Tantangan Global Pendidikan Abad ke XXI
  • Sesi 4: Mengamati Fenomena Perubahan Antar Generasi
  • Sesi 5: Memitigasi Risiko Dampak Negatif Internet
  • Sesi 6: Menyusun Strategi Implementasi TIK di Sekolah
  • Sesi 7: Menjelaskan Peran Strategis TIK
  • Sesi 8: Menjelaskan Transformasi Pendidikan
  • Sesi 9: Menggambarkan Arsitektur TIK Sekolah
  • Sesi 10: Mencari Informasi Internet
  • Sesi 11: Memberikan Contoh Soal Latihan
  • Sesi 12: Menjelaskan Aspek Pedagogi
  • Sesi 13: Memposisikan TIK pada Teori Pendidikan
  • Sesi 14: Merancang Pendidikan Guru
  • Sesi 15: Mengukur Tingkat Kesiapan Sekolah
  • Sesi 16: Mendefinisikan Repositiori Aplikasi TIK
  • Sesi 17: Mengukur Kesiapan Stakeholder
  • Sesi 18: Menerapkan Dokumen Pendukung
  • Sesi 19: Menerapkan Sistem Manajemen Pembelajaran

 

Tim Dosen Pengampu

Prof. Richardus Eko Indrajit

Prof. Dr. Ir. Richarus Eko Indrajit, M.Sc., MBA

Profil Dosen :

Eko Indrajit menempuh pendidikan sarjana di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Indonesia. Ia melanjutkan pendidikan di berbagai macam universitas di luar negeri seperti Harvard University (Amerika Serikat), Maastricht School of Management (Belanda), Leicester University (Inggris), STIKOM London School of Public Relations (Indonesia), dan Master of Information Technology Swiss-German University (Indonesia). Gelar Doctor of Bussines Administration diperolehnya dari the University of the City of Manyla (Filipina) dan The University of Information Technology and Management (Polandia). Ia dikukuhkan sebagai guru besar bidang Komputer di Perbanas Institute.

Email:

 
  1. Nomor Kursus

    PRx.IF28
  2. Kelas Dimulai

    Feb 6, 2024
  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    02:30 per minggu
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.