Skip to main content

e-PROCUREMENT


PRADITAx
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Mata Kuliah 

Aktivitas pembelian merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk dikelola secara sungguh-sungguh oleh sebuah perusahaan, karena ruang lingkup proses ini tidak hanya sebatas pada bagaimana manajemen berhasil menerapkan suatu mekanisme pengadaan sebuah barang secara tepat waktu, sesuai dengan spesifi kasi yang dimaksud, dan pada kisaran harga yang diinginkan semata, namun lebih jauh lagi adalah bagaimana menentukan suatu strategi kemitraan antara perusahaan yang efektif.

Walaupun secara sekilas isu di sekitar proses pembelian terkesan cukup sederhana, namun di dalam kenyataannya terdapat sejumlah variabel yang perlu diperhatikan sungguh-sungguh, terutama yang berkaitan dengan karakteristik barang dan faktor-faktor eksternal di sekitar perusahaan. Persoalan ini menjadi semakin kompleks ketika ditambah dengan kenyataan akan tingginya dinamika persaingan di bisnis pengadaan yang memaksa perusahaan untuk benar-benar memikirkan, mempertimbangkan, dan memutuskan sebuah strategi yang jitu dan efektif.

E-Procurement merupakan sebuah mekanisme pembelian masa kini – atau dapat dikatakan sebagai teknik pembelian moderen – dimana perusahaan berusaha menerapkan prinsip-prinsip keterlibatan sejumlah aplikasi dan teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) sebagai enabler dalam menjalankan proses terkait. Hampir seluruh perusahaan-perusahaan besar di dunia – terutama mereka yang berhasil masuk ke dalam deretan perusahaan Fortune 500 – menerapkan beragam aplikasi terkait dengan konsep e-procurement ini.

Pada Mata Kuliah Electronic Commerce terdiri dari 9 Sesi dimana 1 Sesi, mahasiswa dapat dipelajari semala 1 minggu dengan metode Self Paced.

Bobot : 3
Jenjang :S1

Capaian Pembelajaran

  • Menjelaskan secara holistik dan sistemik mengenai konsep e-procurement dan manfaatnya bagi bisnis perusahaan.
  • Menguraikan peranan manajemen pembelian dalam perusahaan moderen.
  • Memaparkan prinsip-prinsip utama dari manajemen pembelian.
  • Menggambarkan model dan mekanisme perdagangan dan pembelian secara elektronik.
  • Melakukan transformasi pembelian dari model konvensional ke electronic procurement.
  • Menyusun pedoman pengembangan dan penerapan electronic procurement.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ir. Richarus Eko Indrajit

Prof. Dr. Ir. Richarus Eko Indrajit, M.Sc., MBA

email: [email protected]

Profil Dosen :

Eko Indrajit menempuh pendidikan sarjana di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Indonesia. Ia melanjutkan pendidikan di berbagai macam universitas di luar negeri seperti Harvard University (Amerika Serikat), Maastricht School of Management (Belanda), Leicester University (Inggris), STIKOM London School of Public Relations (Indonesia), dan Master of Information Technology Swiss-German University (Indonesia). Gelar Doctor of Bussines Administration diperolehnya dari the University of the City of Manyla (Filipina) dan The University of Information Technology and Management (Polandia). Ia dikukuhkan sebagai guru besar bidang Komputer di Perbanas Institute.

 

 

  1. Nomor Kursus

    PRx.IF4/031067552015
  2. Kelas Dimulai

  3. Kelas Berakhir

  4. Estimated Effort

    02:30 per minggu
  5. Bahasa

    Indonesian
  6. Tipe Mata Kuliah

    Self Paced
  7. Harga

    Free
© 2021 ICE Institute. All rights reserved.